Selasa, 23 Oktober 2012

Manfaat Emping Melinjo


Tanaman melinjo atau latinnya Gnetum gnemon telah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Hampir seluruh bagian tanaman ini memiliki manfaat. Daun, buah serta bijinya biasa direbus atau dimasak, contohnya saja sayur asam dan tongseng kulit melinjo. Bijinya bisa disangrai dan dijadikan emping melinjo yang enak. Sedangkan batangnya bisa digunakan sebagai bahan papan dan alat rumah tangga sederhana, dan ratingnya yang kering bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar. Banyaknya manfaat dari tanaman gnetum gnemon atau melinjo ini yang membuatnya banyak dibudi dayakan orang.
Menurut penelitian para ahli manfaat emping melinjo  diantaranya yaitu penghasil senyawa antioksidan. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo  Dalton yang amat efektif untuk menghabisi radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit.
Meskipun buah melinjo memiliki manfaat yang baik dalam memerangi radikal bebas, namun konsumsi yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan melinjo memiliki kandungan yang bernama purin, yaitu zat yang bisa menyebabkan asam urat.Karenanya mengkonsumsi buah atau olahan buah melinjo yang belebihan sangat tidak disarankan. Namun, apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cara pengolahannya benar tidak akan menyebabkan asam urat. Maka siapa saja yang memang menggemari masakah atau olahan dari buah melinjo, contohnya emping melinjo, haruslah teliti dalam membeli dan mengkonsumsinya .